News

Logo suara Wikimedia: Pemenang kompetisi Suara Segenap Pengetahuan Manusia sudah ditemukan

Sound of All Human Knowledge winner announcement press release image

Pos ini juga tersedia dalam bahasa: العربيَّة · 中文 · English · Français · Deutsch · हिन्दी · Português · русский язык · Español · Español

28 Maret 2023 — Hari ini, Yayasan Wikimedia, lembaga nirlaba yang mengoperasikan Wikipedia dan proyek Wikimedia lainnya, mengumumkan pemenang dari kompetisi Suara Segenap Pengetahuan Manusia serta sekaligus mengakhiri ajang pencarian logo suara untuk Wikipedia dan proyek-proyek Wikimedia. Karya Thaddeus Osborne keluar sebagai logo pemenang berdasarkan hasil pemungutan suara oleh komunitas Wikimedia. 

CC by SA 4.0 oleh Thaddeus Osborne, berkas juga tersedia di Wikimedia Commons

“Musik selalu menjadi bagian terpenting dalam hidup saya serta cara termudah untuk ‘bertamasya keliling dunia’ dari kampung halaman tempat saya tinggal. Setiap penggalan musik mampu membawa saya ke tempat baru dan  bisa mengajarkan berbagai hal baru,” ujar Thaddeus Osborne selaku pemenang kompetisi ini. “Saya merupakan seorang penggemar berat Wikipedia. Saya juga percaya, dengan komitmen Wikipedia sebagai sumber informasi tepercaya dan bebas, maka akan menjadi hal penting untuk mencapai keberhasilan yang mendunia. Dengan logo suara yang saya ciptakan, saya berharap Wikipedia bisa lebih mudah diakses dan memunculkan rasa keterlibatan, sehingga para pembaca [dan sekarang juga pendengar] pun bisa ikut serta dalam perjalanan penuh petualangan dan keberagaman pengetahuan. Dengan begitu banyaknya jawaban dan informasi yang tersedia dalam genggaman jari kita, tentu hal itu akan mampu mengatasi berbagai masalah besar serta menciptakan masa depan yang penuh kegemilangan bagi semua manusia.”

Dalam keseharian, Thaddeus Osborne bekerja sebagai insinyur nuklir di Virginia, Amerika Serikat. Pada malam hari, dia kerap bermain musik sebagai salah satu hobinya. Thaddeus memiliki pengalaman bermusik berkat belajar secara mandiri. Dia telah meluangkan waktu untuk mendalami teori dan teknik produksi musik semenjak di bangku kuliah. Karya Thaddeus merupakan paduan suara sibakan halaman buku, bunyi klik kibor, dan dentingan dari penyintesis. Perpaduan tersebut akhirnya membawa karyanya menjuarai hasil pemungutan suara oleh komunitas kontributor Wikimedia pada bulan Desember tahun lalu.

Logo suara atau logo audio merupakan sekumpulan bunyi pendek yang dipergunakan untuk mewakili suatu jenama dalam ranah audiovisual atau berbentuk audio. Bentuk logo dalam media suara semakin dikenal seiring dengan peningkatan teknologi audio, misalnya saja jumlah pengguna asisten berbasis suara meningkat dari 544,1 juta pada tahun 2015 menjadi 2,6 miliar pengguna pada tahun 2021. Proyek Wikimedia, seperti Wikipedia dan Wikidata, sejatinya memberdayai situs web lain dalam hal penyediaan kueri pengetahuan umum melalui perangkat berbasis suara. Logo suara diperlukan agar bisa memastikan para pendengar tahu bahwa pengetahuan yang sedang mereka akses berasal dari Wikipedia atau situs Wikimedia. 

“Karya Thaddeus berhasil menangkap rasa penasaran serta suka cita akan keberadaan Wikipedia dan proyek Wikimedia lainnya yang diciptakan untuk jutaan orang di seluruh penjuru dunia,” ungkap Zack McCune, Direktur Jenama, Yayasan Wikimedia. “Kami sangat menghargai sumbangsihnya kepada gerakan pengetahuan bebas serta berterima kasih kepada komite seleksi dan komunitas Wikimedia yang telah memilih logo suara yang ternyata bisa mewakili pengetahuan bebas secara menakjubkan.”

Sebagai pemenang kompetisi ini, Thaddeus akan mendapatkan hadiah sebesar $2.500 (dolar Amerika Serikat) dan perjalanan ke studio rekaman profesional untuk merekam ulang logo suara tersebut. Kesepuluh finalis juga akan mendapatkan cendera mata Wikimedia dalam edisi khusus logo suara. Setelah perekaman ulang selesai, Yayasan Wikimedia akan segera melakukan pengintegrasian penggunaan logo suara yang ada. Yayasan Wikimedia tidak sabar untuk memulai kerja sama dengan lembaga yang menaungi teknologi asisten berbasis suara dalam beberapa bulan ke depan.

Kompetisi Suara Segenap Pengetahuan Manusia dijalankan oleh Yayasan Wikimedia dan bentuk kerja sama dengan Gerakan Wikimedia, terutama bersama kontributor sukarela yang sudah membantu menulis serta menyunting Wikipedia dan proyek-proyek Wikimedia. Jumlah karya yang masuk dari tanggal 13 September hingga 10 Oktober 2022 ada sebanyak 3.235 karya oleh 2.094 peserta dari 135 negara. Karya tersebut disaring kelayakannya oleh kontributor sukarela Wikimedia, lalu ditinjau oleh ahli suara, dan akhirnya dikerucutkan menjadi daftar finalis oleh komite seleksi yang terdiri dari kontributor sukarela Wikimedia bersama dengan ahli audio profesional yang dikumpulkan oleh MassiveMusic. Daftar finalis juga ditinjau oleh musikolog untuk uji kelayakan dan kemungkinan adanya pelanggaran hak cipta. Sepuluh finalis teratas kemudian masuk ke dalam tahap pemungutan suara melalui Wikimedia Commons.

“Kami sungguh terkejut saat menerima banyaknya jumlah karya yang masuk dari seluruh penjuru dunia. Kami meninjau semua karya tersebut bersama dengan sukarelawan Wikimedia. Dalam kesempatan tersebut, kami juga mendapatkan pengalaman menyenangkan. Saat ini, logo karya Thaddeus sudah ditetapkan menjadi pemenang. Kami pun tidak sabar menunggu Sang Juara untuk bisa bergabung bersama tim kami serta bersama-sama melakukan tahap rekaman terakhir, penyuntingan, dan produksi logo suara Wikimedia,” ujar Aifric Lennon, Direktur Strategi Riset di MassiveMusic. “Momen ini merupakan saat yang tepat bagi Wikimedia untuk mengembangkan jenamanya dalam ranah audio. Dalam kacamata dunia teknologi berbasis suara, ada banyak kesempatan agar suatu jenama senantiasa dapat didengar.”

Kompetisi logo Suara Segenap Pengetahuan Manusia ini mendukung arahan strategis Gerakan Wikimedia 2030, terutama untuk tema Inovasi dalam Pengetahuan Bebas.

Narahubung untuk media

press@wikimedia.org 

Tentang Yayasan Wikimedia 

Yayasan Wikimedia merupakan organisasi nirlaba yang mendukung Wikipedia serta proyek pengetahuan bebas Wikimedia lainnya. Visi kami yaitu suatu dunia tempat setiap manusia bisa berbagi segala pengetahuan secara bebas. Kami percaya bahwa setiap orang mempunyai potensi masing-masing untuk berbagi pengetahuan secara bersama-sama dan setiap orang harus bisa mengakses pengetahuan tersebut secara bebas. Kami mendukung Wikipedia dan proyek Wikimedia lain melalui pengembangan perangkat lunak yang dipergunakan untuk membaca, berkontribusi, dan berbagi konten Wikimedia; mendukung anggota komunitas sukarela dan mitra yang telah mendukung keberadaan Wikimedia; serta, dalam hal advokasi kebijakan yang mampu membuat Wikimedia dan pengetahuan bebas bisa terus berkembang. Yayasan Wikimedia merupakan organisasi bebas pajak Amerika Serikat 501(c)(3) dan berlokasi di San Francisco, California, Amerika Serikat.

Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan kompetisi Suara Segenap Pengetahuan Manusia, sila kunjungi situs soundlogo.wikimedia.org.

Pertanyaan umum tentang Logo Suara

Read more Translations

Help us unlock the world’s knowledge.

As a nonprofit, Wikipedia and our related free knowledge projects are powered primarily through donations.

Donate now

Contact us

Questions about the Wikimedia Foundation or our projects? Get in touch with our team.
Contact

Photo credits